(Lagi!?) Mobil Terjun Dari Gedung Bertingkat

Hari ini, kembali ada satu kasus mobil terjun dari gedung bertingkat, setelah sebelumnya sudah terdapat kasus-kasus serupa, seperti:

Kali ini, TKP-nya di Kantor Walikota Jakarta Selatan. Berbeda dari tiga kasus di atas, kali ini mobil terjun dari basement 1 ke basement 2 yang (hanya) berjarak 3 meter. Selain itu, kali ini tidak ada korban jiwa, namun tempat kejadiannya sama, yaitu di gedung parkir.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Bahkan di kantor walikota! Walikota JakSel sendiri sudah mengakui kalau hal ini terjadi karena human error. Bahkan, beliau juga mengakui kalau pagar pembatas itu memang tidak aman untuk kendaraan (hanya aman untuk orang).

Hal ini tentunya tidak lepas dari peran orang-orang yang membangun pagar pembatas tersebut, yang telah gagal merancangnya (atau membangunnya) dengan standar keamanan, karena berbagai sebab. Tetapi kasus kali ini lebih daripada itu. Kali ini, mereka telah mengetahui kalau pagar pembatasnya tidak aman, tetapi kenapa tidak diperbaiki?

Sejak terjadinya kasus mobil terjun, pemerintah mulai menginstruksikan pihak pemilik bangunan untuk menelaah ulang standar keamanan bangunan mereka. Tetapi, menelaah saja tidak cukup, jika tidak disertai dengan usaha untuk memperbaiki kekurangan yang ditemukan dari hasil telaah tersebut.

Untung saja kali ini tidak ada korban jiwa. Tapi ini harus dijadikan pelajaran bagi setiap pemilik bangunan untuk mengutamakan keamanan di atas keuntungan mereka. Selain itu, ini juga harus dijadikan pelajaran bagi setiap pengendara agar lebih berhati-hati di dalam gedung parkir di Indonesia (yang standar keamanannya masih tanda tanya?) Semoga kasus mobil terjun ini tidak terjadi lagi.

Iklan

Tag:, , , , , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

2 responses to “(Lagi!?) Mobil Terjun Dari Gedung Bertingkat”

  1. djunaedird says :

    Mungkin karena ingin untung banyak, maka sang kontraktor membangun seirit mungkin. Jadinya, gitu deh 😛

  2. Charles says :

    @djunaedird:

    Iya, sangat disayangkan keamanan yang berhubungan dengan nyawa orang ditukar oleh keuntungan yang tidak seberapa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: