Microsoft Excel Calculation Bug

Warning:
Membaca postingan ini dapat mengurangi kepercayaan Anda terhadap program “Microsoft Excel” atau program worksheet serupa.

Setelah membuat tugas Anum (Analisis Numerik) tentang machine epsilon dan floating point number, saya jadi tertarik untuk membahas bug yang ada di program sebesar Microsoft Excel, yang (katanya) disebabkan oleh keterbatasan komputer dalam merepresentasikan floating point number. Tapi… kalau dilihat, bug-bug yang ada sangatlah aneh. Apakah Anda sudah tahu bug-bug tersebut? Saat ini saya akan membahas 2 di antaranya.

1. Bug aneh (4.1 – 4)

Jika selama ini Anda mengira bahwa Microsoft Excel adalah program yang sempurna tanpa bug, bersiaplah untuk terkejut. Jika Anda mengira Microsoft Excel hanya mungkin melakukan kesalahan pada perhitungan-perhitungan yang rumit, yang membutuhkan tingkat presisi yang tinggi, bersiaplah untuk terkejut juga.

Sungguh aneh. Ini adalah sebuah gambaran dari bug ini. Lalu bug seperti apa yang ada di Microsoft Excel ini? Ternyata, perhitungan yang sangat sederhana! Hanya pengurangan! Percaya atau tidak, Microsoft Excel tidak dapat melakukan formula di bawah ini dengan tepat:

=4.1-4

Ini hanyalah sebuah pengurangan biasa. Tapi, Microsoft Excel akan memberikan jawaban 0.0999999999999996. Mungkin bug ini tidak terlalu disadari karena Microsoft Excel akan menampilkan hasil pembulatannya (0.1), hasil yang seharusnya dihasilkan. Namun jika “decimal places”-nya ditambah sampai 16 angka di belakang koma, bug ini baru akan terlihat.

Mungkin ada yang berkata, bug ini tidak terlalu masalah karena toh kita melihat hasilnya 0.1 (setelah dibulatkan). Namun, hal ini bisa menjadi masalah jika kita memasukkan rumus seperti berikut:

=IF(4.1-4=0.1,TRUE,FALSE)

Setiap dari kita pasti tahu hasil dari formula di atas adalah TRUE, karena 4.1 – 4 = 0.1 adalah benar. Tapi… Microsoft Excel memberikan jawaban FALSE untuk formula di atas. Tanya kenapa?

Yang lebih memperaneh bug ini adalah bug ini hanya berlaku untuk range angka antara 4 – 15. Untuk formula seperti =3.1-3, Microsoft Excel memberikan jawaban yang tepat. Sekali lagi, tanya kenapa?

2. Bug lebih aneh (Numbers Ending in .848 Appear Incorrectly)

Jika bug tadi sudah terasa cukup aneh, maka demikian juga dengan bug yang satu ini. Inti dari bug ini dapat dilihat pada situs support Microsoft di sini. Sesuatu yang lebih terlihat seperti sebuah pengakuan atas kesalahan ini daripada solusi dari bug tersebut. Karena, sampai sekarang, bug ini juga masih belum ada solusinya (setidaknya Microsoft tidak memberikannya). Contoh bug ini dapat dilihat pada formula berikut:

=40000+0.848

Pada presisi 10 angka di belakang koma, Microsoft Excel akan memberikan jawaban 40000.8479999999 untuk formula di atas. Sesuatu yang salah tentunya.

Ini adalah screenshot dari beberapa percobaan yang saya lakukan di Microsoft Excel:

Microsoft Excel Bug

Sekarang, apakah Microsoft Excel masih dapat dipercaya? Mengingat, ada sebuah bug lagi (yang saat ini sudah ada perbaikannya) pada Microsoft Excel 2007 pada formula:

=850*77.1

yang hasilnya seharusnya adalah 65535, tetapi jawaban yang diberikan Microsoft Excel 2007 adalah 100000. Sangat jauh dari hasilnya bukan?

Meskipun demikian, saya masih merasakan manfaat dari Microsoft Excel untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan saya. Tapi, di sisi lain, saya juga masih heran dengan bug-bug yang ada di program ini.

~Memang, manusia lebih pintar dari komputer… Anda merasa lebih pintar dari Microsoft Excel? 😛

Iklan

Tag:, , , , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

14 responses to “Microsoft Excel Calculation Bug”

  1. nne says :

    ohoho^^
    gw ga nyadar.
    gw hampir ga pernah pake MS Excel juga sih. wah,,jago. thx infonya

  2. kamal says :

    keren banget bisa nemuin yang kayak bgini

  3. Charles says :

    @nne:
    maklum… yang sering pake aja ga nyadar (tadinya saya juga ga nyadar), apalagi yg hampir ga pernah pake, hehe. Sama-sama…

    @kamal:
    ini juga bukan gw yang nemuin, mal… Hasil surfing juga… 😀

  4. Saleh Iskandar says :

    gw sih jarang pake ms excell….

  5. Kaka says :

    makasih infonya, berguna banget buat kerjaan gw yang gak bisa lepas dari formula2 excell….huhuhuhuhuhu T_T

  6. waterbomm says :

    bener… udah lama ga pake excel 😀

  7. diemust says :

    Hei jenius lam kenal yach….
    sy pake ms excel 2003 tapi ada masalah contoh:

    kolom-1|Kolom-2|Hasil|
    2 2 4 =SUM(A1:B1)
    3 3 4
    3 6 4
    Kenapa bisa kayak gitu kan biasanya seteleh disorot angka 4, otomatis baris kedua isinya 6 dan baris ketiga 9…..apa ada formula yang salah / ada properties yang salah….padahal dah didinstal ulang……ditunggu yach segera jawabannya

  8. Charles says :

    @diemust:

    Halo bung diemust… 😀 Saya ga jenius kok, hehe…

    untuk masalah yang di atas, coba lihat rumus yang di baris kedua sudah benar atau tidak. Caranya: double click cell “4” yang ada di baris kedua kolom ketiga. Apakah isinya “=SUM(A2:B2)” atau “=SUM(A1:B1)”. Kalau mau jawabannya 6, harusnya “=SUM(A2:B2)”.

    Semoga membantu. Kalau ada yang bingung lagi, bisa tanya-tanya di sini… 😀

  9. RIA says :

    aduh,,,,,

    excel susah 4ever..

    knp drdl aq gprnh bisa..

    knp mlah yg spele2 aq gbs..

  10. meikhe marshita says :

    wow……..huh akhirnya aku tau juga…..
    tpi kok bsa gi2 yah……tpi thanks yah tuk informasinya…..

  11. Devendy says :

    iya nech, gjg lagi bingung penambahan 2 dibelakang koma selalu dibulatkan contoh 0.26 dibulatkan menjadi 0.30
    ADA YANG TAU SOLUSINYA ?????

  12. reza says :

    luar biasa dengan infonya….

  13. reza says :

    luar biasa infonya…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: