PowerPoint Tips 1: Font Embed

*For Microsoft PowerPoint 2003*

Ini adalah tulisan pertama saya mengenai tips-tips seputar Microsoft PowerPoint. Karena saya menggunakan Microsoft PowerPoint 2003, maka saya akan memberikan tips-tips untuk pengguna Microsoft PowerPoint 2003 (meskipun tidak menutup kemungkinan tips ini dapat bekerja juga di versi yang lain).

Pernahkah Anda membuat sebuah presentasi menggunakan Microsoft PowerPoint? Saya rasa jika Anda pengguna sistem operasi Microsoft Windows dan akrab dengan komputer, seharusnya Anda sudah cukup sering menggunakan program ini untuk membuat presentasi. Pernahkah Anda mengalami, presentasi yang Anda buat di rumah dan sudah sangat rapi dan bagus, menjadi acak-acakan ketika ditampilkan di komputer lain karena komputer tempat Anda mempresentasikan presentasi Anda tidak tersedia font yang Anda gunakan saat membuat presentasi di rumah?

Hal di atas mungkin jarang terjadi untuk mereka yang membuat presentasi dengan menggunakan font-font yang umum (Arial, Tahoma, Verdana, dll…). Hal tersebut juga tidak akan menjadi masalah bagi mereka yang mempresentasikan presentasinya menggunakan komputer yang sama dengan tempat mereka membuat presentasi tersebut. Tetapi, hal di atas mungkin cukup bermasalah bagi mereka yang suka menggunakan font-font yang tidak umum, dan menggunakan font tersebut untuk memperindah presentasi mereka. Tetapi betapa kecewanya mereka ketika tampilan yang telah mereka susun dengan baik menjadi tidak baik karena ke-tidaktersedia-an font tersebut.

Bagaimana cara mengatasi hal di atas? Mudah saja sebenarnya… Anda tinggal membuka menu Tools >> Options. Pilih Tab “Save”, akan muncul tampilan dialog box seperti berikut:

Options Dialog Box

Centang checkbox “Embed TrueType fonts”, lalu simpan dokumen presentasi Anda seperti biasa. Selanjutnya Anda dapat berkreasi dan mempercantik presentasi Anda dengan jenis font yang bagus dan beragam tanpa perlu memikirkan apakah font itu tersedia di komputer tempat Anda mempresentasikan presentasi Anda. Anda akan mendapatkan tampilan yang sama di dua komputer yang berbeda!

Terakhir, Anda dapat mendownload file contoh presentasi yang saya buat dengan menggunakan embed-font di sini. πŸ˜‰

Semoga bermanfaat.

~Wait for another PowerPoint tips in 3 days… πŸ™‚

Iklan

Tag:, , , , , , ,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

2 responses to “PowerPoint Tips 1: Font Embed”

  1. tanawali says :

    makasih, saya justru mengharapkan anda mengeksplorasi lebih jauh PW dengan animasi dan kreasi yang diperkaya dengan perkembangan software mutakhir. Meski apa yg anda sampaikan sebenarnya adalah mengoptimalkan penggunaan PW dengan keterbatasan fasilitas yang ada pada PW 2003. This oke…..

  2. Charles says :

    @tanawali:

    Di sini, saya mau menunjukkan bahwa Microsoft PowerPoint juga sudah memiliki power yang besar tanpa software-software tambahan. Tapi, banyak orang yang belum mengetahui power itu, atau belum tahu bagaimana memanfaatkan power itu sehingga benar-benar menjadi power…

    Menurut saya, salah satu power terbesar dari PowerPoint yang masih banyak orang belum tahu adalah “Multiple Animation”. Hal itu saya bahas di sini.

    Btw, tau ga, tanpa software tambahan pun, PowerPoint jika dioptimalkan bisa buat bikin anime dan game loh. Keren kan?? Bener2 ga nyangka deh kalo itu dibuat pake PowerPoint. Kalau ada kesempatan, nanti saya bagikan lagi tips-tips saya tentang PowerPoint (jika ada yang menggunakan software mutakhir juga akan saya bagikan, tapi mungkin akan lebih merepotkan karena memerlukan instalasi dulu, tapi hasilnya mungkin lebih bagus –> contoh: bisa animasi 3D).

    Terakhir, thx for your comment… πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: