Kenapa saya (akhirnya) ngeblog?

Satu hal yang menjadi pertanyaan, setidaknya bagi saya, kenapa saya (akhirnya) ngeblog? Saya sudah mengenal blog sejak sekitar 2 tahun yang lalu, di saat saya sudah ada di bangku kuliah, tepatnya Fasilkom UI. Blog yang pertama kali saya baca apa ya? Saya sudah lupa, hehe… Saat itu saya masih belum tertarik untuk membuat blog. Saya hanya menganggap blog sebagai bacaan biasa saja di kala senggang.

Waktu pun berlalu, dan semakin banyak teman-teman saya di Fasilkom yang mulai membuat blog. Bahkan ada blog aggregator yang memuat semua postingan blog-blog teman seangkatan saya (CSUI 05). Bersamaan dengan itu, ada dua orang teman saya (Toto dan Ilman), yang blog-nya menjadi inspirasi bagi saya untuk membuat blog. Semakin lama saya semakin merasakan manfaat dari blog. Blog tidak hanya sekedar bacaan kala senggang, namun lebih dari itu, tempat kita dapat mengutarakan pendapat-pendapat kita.

Akhirnya saya tergoda juga memutuskan untuk membuat blog bulan Agustus lalu. Tapi saya masih belum mempublikasikannya karena masih ada banyak kekhawatiran, seperti apa yang akan saya tulis di blog saya, apa pendapat orang yang membacanya, dll, dll… Dan akhirnya hanya postingan “Hello, world…” sajalah yang saya terbitkan (maklum, anak Fasilkom, segalanya berawal dari Hello world… :P).

5 bulan berlalu, dan selama lima bulan itu saya semakin suka melihat postingan teman-teman saya di blog mereka (baca: blogwalking). Saya juga semakin tertarik untuk membuat tulisan dan mengutarakan pendapat saya. Hingga akhirnya, ketika saya sedang melakukan blogwalking, saya seperti menemukan keinginan untuk memulai blog ini. Maka muncullah tulisan saya yang kedua, “Rencana“. Berikutnya saya masih bingung apa yang akan saya tuliskan di dalam blog saya. Untuk itu saya masih harus banyak belajar dari blogger-blogger yang lain (ga usah jauh-jauh, banyak teman-teman saya di CSUI yang blog-nya bagus-bagus, keren deh… πŸ™‚ ).

Jadi, apa yang membuat saya memutuskan untuk memulai dan mempublikasikan blog ini? Ada banyak alasan, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  1. Saya ingin memberikan manfaat kepada orang-orang yang membaca blog saya (dan semoga blog ini dapat berguna bagi para pembaca semua, amin…).
  2. Saya ingin mengeluarkan pikiran, pendapat, dan curhat saya yang kadang tidak tersalurkan (halah… hehe).
  3. Saya ingin lebih banyak berinteraksi dengan orang-orang, untuk mengurangi sifat introvert saya. Saya ingin menjadi seorang yang lebih terbuka…
  4. Saya ingin mengetahui pendapat orang-orang mengenai pikiran-pikiran saya, dan belajar dari pendapat-pendapat mereka, serta tulisan-tulisan di dalam blog mereka.

Saya tahu, ada satu hal yang sulit yang harus saya jaga di dalam ngeblog, yaitu konsistensi. Saya berharap melalui blog ini saya juga bisa menjadi seorang yang lebih konsisten, disiplin, dan lebih menghargai orang lain. Harapan saya juga, semoga blog ini dapat terus bertahan di tengah kesibukan kuliah saya nantinya.

Akhir kata, saya ingin mengucapkan terima kasih untuk orang-orang yang telah menggoda memotivasi saya untuk dapat membuat blog ini, dan semoga blog ini dapat berguna bagi para pembaca sekalian. Amin. πŸ™‚

Tag:,

About Charles

Seorang alumni Fakultas Ilmu Komputer UI. Suka mengoleksi buku-buku dan membagikan inspirasi-inspirasi yang didapatkannya. Mencintai matematika dan logika sederhana. Hobinya adalah mencari inspirasi dan membagikannya. Seorang biasa yang percaya bahwa dia memiliki Tuhan yang luar biasa.

16 responses to “Kenapa saya (akhirnya) ngeblog?”

  1. zao says :

    amin^^

    maklum, anak Fasilkom, segalanya berawal dari Hello world… πŸ˜›
    ah,, postingan pertama gw ga nyinggung “hello world” sedikitpun XD ehehe..

  2. Charles says :

    @zao

    berarti jiwa Fasilkomnya masih kurang tuh, halah2… (alasan orang yang ga tau mau posting apa di postingan pertamanya, ya jadinya posting hello world :P)

  3. kamal87 says :

    keren dah bung charles, yg smangat ngeblog nya ya…

  4. Refly Hadiwijaya says :

    amin..
    semoga blog ini bisa berguna buat yang baca… πŸ˜€

  5. Charles says :

    @kamal
    thx ya kamal… Semoga bisa tetep semangat dah ya. nt semangat jg… πŸ™‚

    @refly
    Amin…

  6. Nisa says :

    rajin-rajin ya ngepostnya bung charles! hohoho….

  7. Charles says :

    @Nisa

    Thx Nisa… Rajin-rajin baca juga ya, hohoho… πŸ˜›

  8. Aulia says :

    Selamat ngeblog deh…
    semoga ada hasilnya…
    paling gak mengisi kekosongan waktu senggang

  9. Charles says :

    @Aulia

    hoho, thx Aul… Semoga aja bisa lebih dari mengisi kekosongan waktu senggang πŸ™‚

  10. iLm@N says :

    charles.. welcome to blogosphere! πŸ˜€
    seneng rasanya bisa menginspirasi charles untuk menjadi blogger πŸ™‚
    tetap semangat ya..

    oh iya, jangan lupa sekali2 kunjungi http://www.ayongeblog.com ya..

  11. Charles says :

    @iLm@N

    yup man… thx for the inspiration πŸ™‚

    OK nanti gw kunjungin deh…

  12. Sidicx says :

    Selamat bergabung bersama keluarga besar blogger Indonesia…

    keep blogging bro !!

  13. Charles says :

    @Sidicx

    Thanks dik, for welcoming me to blogosphere… πŸ˜€

  14. anthonysteven says :

    ~radaSombongDikit

    Waduh, ternyata saya bisa jadi inspirasi!

    ~sombongnyaDisudahi

    Semoga blognya bisa jadi berkat Charles! hehehe πŸ˜€

  15. Charles says :

    @anthonysteven

    Amin… Btw, yang jadi inspirasi blognya, bukan Toto-nya… πŸ˜›

Tinggalkan Balasan

