Jus Anggur dan Jus Jeruk (Jawaban)

Pertanyaan:

Terdapat dua gelas dengan volume yang sama. Gelas pertama diisi dengan jus anggur hingga tepat setengah penuh. Gelas kedua diisi dengan jus jeruk hingga tepat setengah penuh. Lalu 1 sendok makan jus anggur dipindahkan dari gelas pertama ke dalam gelas kedua yang berisi jus jeruk. Setelah itu 1 sendok makan dari campurannya dipindahkan ke dalam gelas pertama yang berisi jus anggur.

Pertanyaannya: mana yang lebih banyak, kandungan jeruk di gelas pertama atau kandungan anggur di gelas kedua?

Jawaban:

Kandungan jeruk di gelas pertama dan kandungan anggur di gelas kedua sama banyaknya.

Penjelasan:

Pertama kali Anda tergoda untuk berpikir bahwa lebih banyak jus anggur dalam gelas kedua. Kelihatannya beralasan yang Anda pindahkan dalam langkah kedua adalah campuran jus anggur dan jeruk, sementara langkah pertama hanya jus anggur yang dipindahkan. Tapi itu tidak benar, karena pada waktu jus dipindahkan, jumlah kandungan jus dalam setiap gelas berbeda.

Setelah perpindahan, kedua gelas berisi jumlah air yang sama. Apapun yang hilang dari gelas jus anggur sekarang ada dalam gelas berisi jus jeruk. Jadi, jumlah jus jeruk yang sama harus ada dalam gelas jus anggur. Cukup mengejutkan, rasio setiap jus dalam kedua gelas sama.


Kembali ke halaman kumpulan teka-teki logika

Kembali ke halaman teka-teki

Baca tulisan di blog ini secara acak

35 pemikiran pada “Jus Anggur dan Jus Jeruk (Jawaban)

  1. Loh? Mnurt aq g gtu.. Maap, klo gni bner g..
    X= jruk
    Y= apel
    eeehm, gmna y..
    misal..
    Gelas 1 = 5x
    Gelas 2 = 5y

    trus dri glas 1 diambl 2sndok.. 2x pndh k glas 2..
    Brati
    Gelas 1 = 3x
    Gelas 2 = 5y+2x

    bis itu dri gelas 2 dbalikn lg 1sendok.. Brati 5/7y+2/7x pindh k gelas 1
    jadi
    gelas 1 = 23/7x+5/7y
    gelas 2 = 30/7y+12/7x

    klo bgni lbh banyk jeruk d gelas apel, dripda apel d glas jeruk..
    Gemana tu??

  2. Loh? Mnurt aq g gtu.. Maap, klo gni bner g..
    X= jruk
    Y= apel
    eeehm, gmna y..
    misal..
    Gelas 1 = 5x
    Gelas 2 = 5y

  3. Maap, maksud aq anggur, bkan apel.. Hhe..

    Bru2..

  4. @Artlover:

    Hai Artlover…

    Maaf, saya baru melihat ternyata ada kesalahan di soalnya. Seharusnya pertama kali yang dipindahkan dari gelas pertama ke gelas kedua hanya 1 sendok makan, bukan 2 sendok makan…

    Akan segera saya ralat.

    Terima kasih untuk koreksinya ya :D

  5. X = jeruk
    Y = apel
    gelas 1 = 5x
    gelas 2 = 5y
    gelas 2 = 5y + x
    gelas 1 = 4x

    isi gelas 2 per-satuan
    1/6 = x anggap Z
    5/6 = y
    gelas 1
    4x + z
    4x + 1/6x + 5/6 y
    = 25/6x + 5/6y
    =25x + 5y
    dibagi lima semuanya jadi

    gelas 1 = 5x + y
    gelas 2 = 5y + x

    wakwakwakkwa pokoknya soal matematika, gw jagonya! wkwkwokwokowkow

    • gelas 1= 5x + y
      gelas 2 = 5y+ x

      gelas 1+gelas 2 = (5x+y)+(5y+x) = 6x+6y

      permisalan awal
      gelas 1 = 5x
      gelas 2 = 5y
      gelas 1+gelas 2 = 5x+5y
      kog bisa nambah setelah dicampur????????????????????????????????

  6. Iya sama2

    Uhmm.. Boleh2.. Hhe.. Udah lama nii g OL.. Liat2 soal lg aah..

  7. buzetttt…..bingungggggg eke…

  8. Ulfa Abyadh Idrus

    untung aku gak terjebak

  9. loh kok gak nyambung ya…kan pertanyaannya hanaya ada sendok,gelas,anggur dan jeruk…
    lalau apel dari mana datangnya…

  10. weleh tanpa rumuse mah uda jelas pasti gitu

  11. klo saya lebih banyak kandungan anggur dalam gelas kedua.
    klo misalkan setengah gelas berisi 100 cc, berarti gelas I berisi 100 cc jus anggur dan gelas kedua juga berisi 100 cc jus jeruk. jika 1 sendok makan kira2 10 cc, maka 10 cc ditambahkan pada gelas kedua dengan kandungan (%) anggur 1/1,1 % sedangkan kandungan jeruk tinggal 100/1,1 %.
    Kemudian, dari gelas II kita ambil 1 sendok (10 cc) jus jeruk dengan kandungan jeruk 100/1,1 % ditambahkan pada gelas I.
    Sehingga kandungan jeruk pada gelas I menjadi 10/1,21 %. Tentu saja 1/1,1 % lebih besar daripada 10/1,21 bukan?

  12. IYAA SAMMA . . .
    kandungan jeruk di gelas pertama = kandungan anggur di gelas kedua
    (coba saya terangkan, semoga bisa dipahami, agak susah sih kalo menyalurkan lewat tulisan)

    GELAS 1 : 100 ml anggur
    GELAS 2 : 100 ML jeruk

    (misal 1 sendok = 10 ml)

    GELAS 1 = 90 ml anggur
    GELAS 2 = 100 ml jeruk + 10 ml anggur

    (dari gelas 2 diambil 1 sendok, dimana 1 sendok ini berisi :
    –> 10/110 x 10 = 10/11 anggur dan
    –> 10/110 x 100 = 100/11 jeruk)

    sehingga….
    GELAS 1 :
    –> anggur = 90 + 10/11 = 1000/11
    –> jeruk = 100/11
    GELAS 2 :
    –> anggur = 10 – 10/11 = 100/11
    –> jeruk = 100 – 100/11 = 1000/11

    dapat di lihat bahwa jeruk di gelas 1 dan anggur di gelas 2 sama – sama 100/11.

  13. lebih banyak jus anggur di gelas kedua, karena ketika satu sendok jus anggur di campurkan ke dalam gelas kadua. maka jus anggur akan larut sehingga bercampur dengan partikel2 jus jeruk dengan perbandingan yang sama rata. kemudian satu sendok campuran d masukkan ke gelas pertama yang berisi jus anggur. karena campuran tersebut mengandung perbandingan yang sama antara partikel jus jeruk dan anggur, maka hanya sedikit kandungan jus jeruk yang becampur dengan jus anggur.

  14. pst tdk akan sama kandungannya.
    tetap aja yg lbh byk jeruk di gelas yg berisi jeruk.

    jika tiap gelas berisi 100ml
    dan 1 sendok =10ml.

    saat anggur diambil 10ml dimasukkan ke gelas jeruk, mk sisa 90ml.
    kemudian diambil kembali 10ml dr campuran yg digelas jeruk, tentu 10ml anggur tdk akan kembali utuh kandungannya krn telah tercampur jeruk.
    jd uda pst kandungan jeruk lbh byk di gelas jeruk

  15. benar
    benar
    benar

    kandungannya sama

    gelas A=anggur 100ml.
    gelas B=jeruk 100ml.

    1 sendok=10ml.

    saat ambil 1 sendok(10ml) dr gelas A mk anggur jd sisa 90ml.
    sedangkan gelas B jd terisi anggur 10ml dan jeruk 100ml.

    jd saat diambil kembali 10ml yg digelas B, mk yg terambil adlh (anggur 1ml & jeruk 9ml)
    nah stlh dimasukkan ke gelas A mk anggur yg 90ml td bertambah (anggur 1ml & jeruk 9ml)
    menjadi (anggur 91ml & jeruk 9ml)

    sdgkan sisa di gelas B, yg tdnya jeruk 100ml & anggur 10ml akan berkurang (anggur 1ml & jeruk 9ml) menjadi (jeruk 91ml & anggur 9ml)

  16. saya juga jago matematika tapi saya tau kalo zat cair ga bisa di hitung pake rumus 5x+y ato apalah, ya kali kita bisa milih dalam satu gelas yang uda tercampur sama jeruk dan anggur mau ambil jeruknya aja atau anggurnya aja, hahaha rasionya tetep sama jumlah keduanya sama

    • Gelas kedua :
      satu gelas jus jeruk (misal 100cc) + satu sendok jus anggur (misal 10 cc)
      Kandungan jus anggur di gelas ke dua = 10cc dibagi total volume gelas kedua (100cc + 10cc) dikaliikan 100% = 10/110 X 100% = 1000/110% atau kurang lebih 9,091%

      —> BERARTI ketika di gelas ke dua diambil 1 sendok, KANDUNGAN JUS ANGGUR di DALAM GELAS JUS JERUK (gelas ke 2) TIDAK MENGALAMI PERUBAHAN, yaitu tetap 9,091% = 9,091 cc

      Jika diambil 1 sendok (10cc), kandungan JUS ANGGUR DALAM SATU SENDOK setara dengan = 9,091% x 10 cc = 0,909 cc

      Gelas pertama ( gelas jus anggur yg tinggal 90 cc)
      ditambah satu sendok dari gelas ke dua akan kembali menjadi 100cc
      kandungan jus janggurnya = jml jus anggur di gelas 1 + jml jus anggur dalam satu sendok (10cc) = 90cc + 0,909cc = 90,909cc
      Jadi kangungan JUS JERUK di gelas pertama = 100cc – 90,909cc = 9,091 cc

      JADI KANDUNGAN JUS JERUK DI GELAS 1 = 9,091/100 X 100% = 9,091%

      KESIMPULAN :
      kandungan jus jeruk di gelas 1 = kandungan jus anggur di gelas ke 2

  17. yg jadi masalah jika dihubungkan dengan teori ilmu KIMIA, menjadi lebih sulit, karena kedua jus itu bisa bereaksi dan mungkin bisa menghasilkan senyawa baru….. NAH LO !!!!!!

  18. pertama tama saya mikir, jelas sama lah! cuman karena logika saya selalu salah saya perbaiki..
    kan sesendok anggur dipindahin ke gelas jeruk…. nah kan sesendok jeruk dipindahin ke gelas anggur, ya lebih banyak kandungan jeruknya la, soalnya sendoknya juga udh kerendem duluan ama jeruknya aduh pusing

  19. Mas, kok diakhir penjelasan ada jus apel ya?
    Kan soalnya jus jeruk sm jus anggur..

  20. Volumenya bisa sama, tp kandungannya mustahil bisa sama. napa !? krn MASSA kedua cairan tersebut berbeda.

    sesendok jus anggur yg tercampur itu sungguh MUSTAHIL BISA TERBAGI RATA dalam larutan digelas yang berisi jus jeruk.

    karna mau diaduk kek gimanapun tetap saja mereka masih terbatas oleh ruang dan waktu (mereka akan selalu bergerak sesuai hukum gravitasi).

    “think out of the box”. -__^

  21. mnurutku kalo di praktekkan secara kimia jelas kandungannya berbeda,,,tidak mungkin sama,,dan satu hal yg pasti perpindahan kedua tidak lg murni jus jeruk tp mengandung jus anggur yang telah dipindahkan sebelumnya,seandainya pertanyaan tersebut menanyakan jumlah(volume jus dalam gelas) dlm ukuran ml atau cc jelas jumlahnya sama tp pertanyaannya adalah kandungan jus,,jeruk dan anggur,,tidak di sebutkan kandungannya sama pada awal pertanyaan,bisa saja awalnya bnyak kandungan buah anggur pada jus gelas pertama atau sebaliknya,,,contoh pada gelas pertama air 100cc dan anggur 1 kg=150cc volume dlm gelas dan pada gelas kedua 130cc air dan 2 buah jeruk=150 cc dari contoh ini jelaskan jika dicari secara kimia kandungan awal keduanya berbeda

  22. Dua – duanya sama ja . .:)

  23. “Setelah perpindahan, kedua gelas berisi jumlah air yang sama. Apapun yang hilang dari gelas jus anggur sekarang ada dalam gelas berisi jus jeruk. Jadi, jumlah jus jeruk yang sama harus ada dalam gelas jus anggur. Cukup mengejutkan, rasio setiap jus dalam kedua gelas sama.”….

    Jika membaca dari penjelasan diatas maka akan didapatkan pemahaman bahwa Jus Anggur & Jus Jeruk dianggap Air Biasa tanpa embel2 unsur Kimia (Larutan Anggur & Larutan Jeruk)…

    Disitu ada penjelasan “KEDUA GELAS BERISI JUMLAH AIR YANG SAMA”, ini sih pembodohan masyarakat (politik banggets)… Selama tidak tumpah, jumlah airnya memang sama tapi kandungan masing2 gelas tetap aja berbeda…

  24. jelas tidak sama, satu sendok jus anggur dari gelas 1 dipindah ke gelas 2, tentu saja setelah dicampur akan ada jus anggur di gelas 2, maka saat satu sendok dari gelas kedua dipindah akan ada sedikit campuran jus anggur yang ikut terambil kembali ke gelas 1, jadi lebih banyak kandungan jus anggur dalam jus jeruk.

  25. lama lama saya penasaran dan akhirnya saya coret coret kertas. saya setuju dengan yang menggunakan pendekatan “cc”. coba agan agan sekalian menilai pendapat saya ini benar atau salah.

    mari berpikir sederhana:
    misal gelas ada A (10 cc anggur) dan gelas B (10 cc jeruk)
    gelas A berarti memiliki kandungan anggur 100% dan gelas B memiliki kandungan jeruk 100%

    kemudian 1 sendok anggur dipindah ke gelas B (anggap saja 1 sendok itu 1 cc) maka:
    gelas A ada 9 cc dengan kandungan anggur masih 100%. sampai disini masih jelas kan? hehe..

    kita pindah haluan ke gelas B:
    gelas B awalnya 10 cc, tetapi sekarang tambah 1 cc. Jadi ada 11 cc.
    sekarang kita hitung kandungan gelas B.

    kandungan gelas B:
    jeruk= 10/11 x 100% = 90,9%
    anggur= 1/11 x 100% = 9,1%
    dapat diambil kesimpulan bahwa dalam 11 cc (11 sendok) perbandingannya adalah 90,9% jeruk banding 9,1% anggur
    selanjutnya kita cari kandungan dalam 1 sendok. berarti perlu dibagi 11 (karena 11 cc=sebelas sendok) dan ketemunya adalah 8,263% jeruk banding 0,827% anggur (kandungan ini yang akan dipindah ke gelas A.

    kita pindah ke gelas A lagi:
    gelas A awalnya 9 cc sekarang ditambah 1 cc sehingga jadi 10 cc lagi.

    kandungan gelas A:
    Anggur = 9/10 x 100 = 90 %
    kandungan anggur ini masih ditambah dengan kandungan anggur dalam 1 sendok yang ditambahkan maka:

    90% anggur + 0,827% anggur + 8,263% jeruk
    sehingga kandungan gelas A = 90,827% anggur dan 8,263% jeruk

    SEKARANG KITA BANDINGKAN KANDUNGANNYA
    kandungan jeruk di gelas A= 8,263/90,827= 0,09 %
    kandungan anggur di gelas B= 8,273/82,637 (gelas B setelah dikurangi satu sendok) = 0,10 %

    jadi KESIMPULANNYA LEBIH BANYAK KANDUNGAN ANGGUR DI GELAS B (gelas 2) dari pada KANDUNGAN JERUK DI GELAS A (gelas 1)

    tapi dengan perbedaan yang begitu tipis mungkin bisa juga kalau dikatakan SAMA. :D :D :D

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s