Trik Sulap Angka: Menjumlah Cepat Seperti Joe Sandy

Pernah menonton acara sulap “The Master”? Kalau pernah, Anda pasti kenal dengan Joe Sandy, sang master of number. Salah satu keahlian dia adalah dia bisa melakukan perhitungan matematika dengan sangat cepat. Ternyata, dengan sedikit trik, Anda pun bisa membuat diri Anda terlihat sepintar Joe Sandy dengan melakukan permainan berikut.

Jalan Permainan

Cetak gambar di bawah ini dan berikan kepada penonton.

Minta penonton untuk memilih satu bilangan dari setiap kolom A hingga kolom E, dan menuliskan bilangan pilihannya di kotak yang disediakan.

Untuk membuat kesan permainan ini menjadi lebih sulit, Anda dapat mengatakan kepada penonton bahwa, karena ada 6 pilihan bilangan untuk setiap kolom, dan ada lima kolom, maka ada total enam pangkat lima kemungkinan atau ada 7.776 kemungkinan kombinasi bilangan yang dapat dibentuk. Jadi, tidak mungkin kita menghafalkan jumlah dari ribuan kombinasi tersebut.

Selanjutnya, mintalah penonton tersebut untuk menjumlahkan kelima bilangan tersebut dengan kalkulator, lalu tuliskan hasilnya di dalam kotak “TOTAL”.

Lalu, mintalah penonton untuk menyebutkan satu demi satu bilangan yang dia pilih dari kolom A hingga kolom E kepada Anda. Percaya atau tidak, Anda dapat memberikan hasil jumlahnya sesaat setelah penonton membacakan kelima bilangan tersebut. Anda pun akan terlihat sepandai Joe Sandy dalam menghitung. :D

Trik

Sebenarnya, Anda tidak harus menjumlahkan kelima bilangan itu untuk mendapatkan hasil jumlahnya. Anda cukup menjumlahkan angka terakhir dari kelima bilangan tersebut (menjumlahkan bilangan satuan tentu jauh lebih mudah dan lebih cepat dibandingkan menjumlahkan bilangan puluhan atau ratusan). Misalkan Anda mendapatkan hasil penjumlahan 28. Selanjutnya, kurangi 28 dari 50 (selalu kurangi dari 50!), Anda akan mendapatkan hasil 22 (50 – 28 = 22). Letakkan 22 di depan 28, dan Anda akan mendapatkan hasil penjumlahan kelima bilangan tersebut, yaitu 2228.

Percayalah, untuk kombinasi angka-angka di atas, cara ini selalu berhasil.

Sebagai variasi, Anda dapat mengatakan kepada penonton bahwa Anda sudah menghafal setiap bilangan yang ada di setiap kolom, dan penonton cukup menyebutkan angka terakhir dari setiap bilangan di kolom A hingga kolom E. Lalu, berikan hasil jumlahnya kepada mereka dengan cepat, dan buat mereka terkejut. :D

Contoh

Penonton memilih bilangan 168 dari kolom A, 147 dari kolom B, 87 dari kolom C, 674 dari kolom D, dan 657 dari kolom E.

Jumlah kelima bilangan tersebut adalah 168 + 147 + 87 + 674 + 657 = 1.733.

Dengan menggunakan trik di atas, Anda cukup menjumlahkan angka terakhir dari kelima bilangan di atas, yaitu 8 + 7 + 7 + 4 + 7 = 33. Lalu kurangi 33 dari 50, menghasilkan 50 – 33 = 17. Sandingkan kedua bilangan tersebut, menghasilkan 1733, yang merupakan jumlah dari kelima bilangan tersebut.

Selamat membuat keajaiban. :D

About these ads

48 thoughts on “Trik Sulap Angka: Menjumlah Cepat Seperti Joe Sandy

  1. haha…
    nice Charles..
    like this…

  2. Nice Share.. :)
    Like this.

  3. keren

    ada yang lain ga

  4. Mantab, bs d cb neh, slm kenal, mmpr ya d blogq, http://elhaidar.wordpress.com

  5. boleh juga tuh!

  6. wah,keren…tak coba n hasilnya berhasil…hehehe…bisa sok pinter deh…

  7. hhebaatt aammaatt????soal bw kalkulator heheheheheh ………………………… hehehe

  8. fernado faiz torres

    lumayan buat tb-tb sulap di rumah……

  9. saya, danish. . . penggila matematika di sekolahan. . . oh iya, tolong banget klo ada sulap matematika baru. . . tolong kirimin ke email saya ya. . . tolong banget >.< thx

    saya juga maw tanya, tmen saya ada yang bisa sulap mat

    contohnya, kita disuruh nulis 4 angka di tabel 4×4 Lalu dia nulis angka di semua kolom yang ada. tiba" klo kita jumlahin dari atas / dari samping, hasilnya sama smua. . . anda bisa gak kasi tau caranya?? klo bisa kirim ke emailq ajah. . . thx very much

    • low g slh cra itu ad rumus na,,,mw tau hubngi aj k fb q ntr q ksihh tau ra na,,,add q d framadhan82@yahoo.com

    • Inilah Rumusnya ..!! hehehe ..
      Misalkan Hasilnya 46 ..Motor rossi !! :D ..

      exp : Tabel 4X4
      8 11 B 1
      A 2 7 12
      3 D 9 6
      10 5 4 C

      Jadi Rumus :
      A = Hasil – 21
      B = A+1
      C = C+1
      D = D+1

      okee bro !!! :D ,, selamat mencoba …hehehehe

  10. fahmi timbu ces

    kalau bisa lebih banyak lagi sulap matematikanya karna saya terobsesi dengan sulap matematika walaupun sulit tapi saya lebih suka yang mudah tolong perbanyak yang mudah……………………………………………………………………………………!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • perbanyak sulap yang lebih susah karna menurut saya itu terlalu mudah bagi saya oke……………!!!!!!!!!!!!!!!@@@@@@@@@@@@@@@@@????????????????????????????????……………………………………………..

  11. XHTML . Wahhh … triknya bagus banget !!! kalau ada trik yang lain bagi – bagi donk .

  12. trik ini sanagt mendukung ,karena bisa mendukung pembelaaran kita

  13. Aduh..aduh…
    Hebat banget ni…
    He..he
    Boleh dibagikan sama yang lain ga…?
    Lw boleh kunjungi blog sederhana aku ya..?
    Dan berikan jawabannya…
    Makasih ya…? ;)

  14. pas mantap penjelasannya, yuk gabung dimari gan di http://www.magicguardian.com, buat kumpul-kumpul n nambah ilmu

  15. terlalu gampang……..,ada yang lain ga’

  16. klw yang di contohkan c emang bener jumlahnya segitu tp
    klw buat contoh angka yang lain masih blom bener(cocok)….

  17. BETULLLL….BETULLLL….BETULLLL…. UNTUK ANGKA YG LAEN TIDAK COCOK!!!!!!!!!!

  18. lumayan buat pertunjukan sulap di depan sodara2…hahah

  19. tapi g’mna gan klu yg dipilihnya itu angka 69

  20. dapet trik dari mana nih, atau membocorkan sendiri?

  21. aku masih bingung kak caranya ???????

  22. okkee…
    i like it…

  23. bisaan euy!…..nuhun ya, ditunggu yg lainnya

  24. saya coba 463 + 572 + 649 + 738 + 837 tp hasilnya kalkulator sm prediksi beda…
    Knp bs gt ?

  25. Saya coba 463 + 572 + 649 + 738 + 837 hasil kalkulator dan prediksi berbeda.
    Knp bs gt ?

  26. pusing dechh masih gak ngerti…………………

  27. hebat sekali, kalau bisa yang bnyak lagi ya

  28. Mantafff….bro dpt jempolx 4 mang,,,huahaha

  29. mau tanya2x sulap atau beli alat sulap murah mampir aja gan ke lapan ane.. recommended seller dan paling murah loh…silahkan dicek semua situs sulap kami tetap yang termurah http://www.tokomario.com

  30. Pintarrrrrrrr.
    makasih ya gan dah ngasih tw

  31. low dimasukin angka lain slain d kotak tu bs gk???

  32. heheheheh bagus skali ituu andaikan aku bisa cara like nya pasti aku like dahh

  33. coba kalau di ambil yang di atas semua, seperti contoh yang tertera di atas pasti tidak akan dapat hasilnya, karena saya sudah mencoba,, jadi kepada yang buat sulap ini mohon di kirim jawaban nya ya,,

  34. ah gan, ribet amat…. yang simple donk.. kn supaya bsa cpet

  35. tricknya udah aku coba beda hasilnya,,
    , kok bisa gitu,, aku pilih 336 246 582 971 657 , jika diprediksimu itu 2822
    tpi hasil yg benar kok 2792

    tricknya masih belum sempurna,,

    • angga says:iya yah kok beda hasilnya?padahal aku pilih 173+387+937+459+654. jika diprediksimu 2.030 tpi hsl yang bener 2.610

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s