Selamat Ulang Tahun, Mama…

Hari ini adalah hari ulang tahun mama saya. Seorang yang telah melahirkan, membesarkan, menjaga, dan melindungi saya, sampai saya sudah sebesar ini. Saya sangat bersyukur mempunyai seorang mama yang baik.

Sedikit googling, saya mendapatkan sebuah artikel dari sini tentang kasih sayang seorang ibu…

“Rosa, bangun.. Sarapanmu udah mama siapin di meja.” Tradisi ini sudah berlangsung 23 tahun, sejak pertama kali aku bisa mengingat tapi kebiasaan mama tak pernah berubah. “Mama sayang. ga usah repot-repot ma, aku sudah dewasa.” pintaku pada mama pada suatu pagi. Wajah tua itu langsung berubah.

Pun ketika mama mengajakku makan siang di sebuah restoran. Buru-buru kukeluarkan uang dan kubayar semuanya, ingin kubalas jasa mama selama ini dengan hasil keringatku.. Raut sedih itu tak bisa disembunyikan.

Kenapa mama mudah sekali sedih? Aku hanya bisa mereka-reka, mungkin sekarang fasenya aku mengalami kesulitan memahami mama karena dari sebuah artikel yang kubaca.. orang yang lanjut usia bisa sangat sensitive dan cenderung untuk bersikap kanak-kanak. tapi entahlah.. Niatku ingin membahagiakan malah membuat mama sedih. Seperti biasa, mama tidak akan pernah mengatakan apa-apa.

Suatu hari kuberanikan diri untuk bertanya “Ma, maafin aku kalau telah menyakiti perasaan mama. Apa yang bikin mama sedih?” Kutatap sudut-sudut mata mama, ada genangan air mata di sana. Terbata-bata mama berkata, “Tiba-tiba mama merasa kalian tidak lagi membutuhkan mama. Kamu sudah dewasa, sudah bisa menghidupi diri sendiri. Mama tidak boleh lagi menyiapkan sarapan untuk kamu, mama tidak bisa lagi jajanin kamu. Semua sudah bisa kamu lakukan sendiri”

Ah, Ya Tuhan, ternyata buat seorang Ibu.. bersusah payah melayani putra-putrinya adalah sebuah kebahagiaan. Satu hal yang tak pernah kusadari sebelumnya.. Niat membahagiakan bisa jadi malah membuat orang tua menjadi sedih karena kita tidak berusaha untuk saling membuka diri melihat arti kebahagiaan dari sudut pandang masing-masing.

Diam-diam aku merenungkan. Apa yang telah kupersembahkan untuk mama dalam usiaku sekarang? Adakah mama bahagia dan bangga pada putrinya?

Ketika itu kutanya pada mama. Mama menjawab “Banyak sekali nak kebahagiaan yang telah kamu berikan pada mama. Kamu tumbuh sehat dan lucu ketika bayi adalah kebahagiaan. Kamu berprestasi di sekolah adalah kebanggaan buat mama. Setelah dewasa, kamu berprilaku sebagaimana seharusnya seorang hamba, itu kebahagiaan buat mama. Setiap kali binar mata kamu mengisyaratkan kebahagiaan di situlah kebahagiaan orang tua.”

Lagi-lagi aku hanya bisa berucap “Ampunkan aku ya Tuhan kalau selama ini sedikit sekali ketulusan yang kuberikan kepada mama. Masih banyak alasan ketika mama menginginkan sesuatu.” Betapa sabarnya mamaku melalui liku-liku kehidupan..

Mamaku seorang yang idealis, menata keluarga, merawat dan mendidik anak-anak adalah hak prerogatif seorang ibu yang takkan bisa dilimpahkan kepada siapapun. Ah, maafin kami mama….. 18 jam sehari sebagai “pekerja” seakan tak pernah membuat mama lelah.. Sanggupkah aku ya Tuhan?

“Rosa, bangun nak.. sarapannya udah mama siapin di meja.. ” Kali ini aku lompat segera.. kubuka pintu kamar dan kurangkul mama sehangat mungkin, kuciumi pipinya yang mulai keriput, kutatap matanya lekat-lekat dan kuucapkan.. “Terimakasih mama, aku beruntung sekali memiliki mama yang baik hati, ijinkan aku membahagiakan mama.” Kulihat binar itu memancarkan kebahagiaan..

Cintaku ini milikmu, Mama. Aku masih sangat membutuhkanmu.. Maafkan aku yang belum bisa menjabarkan arti kebahagiaan buat dirimu..

Sahabat.. tidak selamanya kata sayang harus diungkapkan dengan kalimat “Aku sayang padamu.” Namun begitu, Tuhan menyuruh kita untuk menyampaikan rasa cinta yang kita punya kepada orang yang kita cintai..

Ayo kita mulai dari orang terdekat yang sangat mencintai kita, Ibu.. Walau mereka tak pernah meminta. Percayalah.. kata-kata itu akan membuat mereka sangat berarti dan bahagia..

“Ya Tuhan, cintailah mamaku, beri aku kesempatan untuk bisa membahagiakan mama. Dan jika saatnya nanti mama Kau panggil, terimalah dan jagalah ia disisiMu.. Titip mamaku ya Tuhan..”

Untuk dan oleh semua Ibu yang mencintai anak-anaknya dan semua anak yang mencintai Ibunya..

Selamat ulang tahun, mama… Semoga aku bisa membahagiakan mama dan membuat mama bangga. Maafkan kalau aku suka melawan mama atau membuat mama sedih. Aku akan berusaha melakukan yang terbaik untuk mama. Terima kasih untuk semuanya, mama… Semoga Tuhan senantiasa memberkati mama dan menuntun mama di sepanjang hidup mama… :D

~Saya sungguh terharu. Mama sudah memberikan banyak hal dan mengorbankan dirinya untuk saya, dan di hari ulang tahun ini, saya hanya memberinya sebuah kartu ucapan. Dan, mama saya berkata, “Terima kasih. Ini adalah kado terindah yang pernah mama terima…” Terima kasih, mama… Semoga aku bisa memberikan kado yang lebih indah dari sebuah kartu ucapan di masa yang akan datang… :’)

About these ads

22 thoughts on “Selamat Ulang Tahun, Mama…

  1. Wah…, sampekan selamat ulang taun saya ke Mamanya Charles ya…
    Mama Charles emang wanita hebat. Berhasil mendidik anak secanggih Charles. :o

    Bagiku, Ibu memang wanita yg paling berharga buatku. Kalo ada yg bilang, dibalik keberhasilan seorang pria pasti ada wanita yang hebat. Nah, buatku wanita itu adalah Ibu.

    G tau, kok Ibu bisa kangen banget sama anaknya ya??! :roll:
    Kalau Ibu sy g minta saya pulang. Saya sangat mungkin untuk tidak pulang ke rumah (Sby).

    Thanks Ibu… :smile:

  2. @agungfirmansyah:

    OK gung, disampaikan… Makasi yah :D

    Betul, ibu adalah seorang yang sangat berjasa di dalam hidup kita. Marilah kita ucapkan terima kasih pada ibu kita.

    ~kalo kenapa kangen, coba tanyakan pada wanita mungkin lebih mengerti, hehe…

  3. calonorangtenarsedunia

    Selamat ulang tahun, Mamanya Charles.

    Moga2 sabar punya anak kayak si Charles.

    *diinjek*

    salam kenal. ;)

  4. selamat ulang tahun buat mamanya , dan seluruh bunda2 di seluruh dunia ya
    semoga semua anak ingat akan cinta kasih ayah dan bunda

  5. Selamat Ulang tahun untuk mamanya, semoga makin canti dan makin sabar menghadapi dirimu he..he..he. jadi inget bunda ku :)

  6. selamat ulang tahun buat mama, semoga bahagia di hari tua dengan anak-anak yang mengerti dan membanggakan…

  7. met ultah buat mamanya charles
    moga panjang umur… :)

  8. Selamat Ultah buat mamanya :D

  9. @calonorangtenarsedunia:

    Apa maksudnya nih? :roll:

    salam kenal juga… :D

  10. @all:

    Terima kasih untuk ucapannya… (kaya pada ngucapin buat gw aja… hehe :P)

  11. Selamat ulang tahun buat mama. Moga panjang umur dan selalu sukses.

  12. ikutan ah,

    nice post, char! lagi2.. btw met ultah juga bwt nyokap lo ya..

    gw juga nih, keknya masih blm cukup bisa bahagiain nyokap-bokap gw.. giliran gw ultah aja, mereka pasti ga pernah lupa sms gw.. tapi giliran mereka ultah, gw sering banget mesti diingetin baru sms… :(.

    mudah2an ke depannya kita sama2 bisa ngasih yg terbaik buat nyokap-bokap kita..

    ~urgh. jadi pengen pulang. wakakaka

  13. @mardi:

    Thx, riz… ok2, nanti gw sampaikan… :D

    mardi mau ke Nanyang kan? Jadi ga? bokap-nyokap lo pasti bangga juga deh. Yah, semoga kita bisa berikan yang terbaik untuk mereka, selama mereka masih ada…

    ~jangan minta tiket pulang sama gw ya… :mrgreen:

  14. wah, met ulang tahun bwt mamanya charles.. *telat bgt lo, _on XD ahaha..

    ~terharu baca artikelnya..

  15. selamat ultah ke 500 mak

  16. selamat ultah ke 600 bapak

  17. Selamat ulang tahun mama nya charles, artikel yg menyentuh, terima kasih atas share nya.. Jd kangen bgt m ibu saya

  18. AkkU terharu ampe nangiz dger crta diatas..
    Ga tWw knPa rSa bRsaLah sma mamaku jDi sRg mNcuL,,
    pgn bgt mNt maaph kRna dh sRg nglwan n bntah omgan dy,,
    tP jujur akku syg bgt sm mama..^^

  19. mama….
    aku kangen mama…

  20. D SETIAP DETAK JANTUNG KU,,,N SETIAP HEMBUSAN NAFASKU,,,MAMA AKAN AD SELALU D HATIKU,,,,MOM I LOVE U

  21. Happy B’day mamanya Carles….

    Moga panjang Umur….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s